Jenis Jenis Hujan Beserta Gambarnya

Jenis Jenis Hujan Beserta Gambarnya – Anda ingin tahu, kemana perginya awan? Baca artikel ini untuk mengetahui asal usul, jenis, kelompok, dan pergerakan awan.

Nama-nama polanya? Jadi, darimana datangnya awan dan kemana perginya? Jadi, jika Anda memiliki pertanyaan seperti itu, tidak apa-apa. Kali ini kita akan membahas beberapa fakta menarik tentang awan. Bagi yang berminat, baca artikel ini sampai selesai ya.

Jenis Jenis Hujan Beserta Gambarnya

Dari mana datangnya awan? Baiklah, mari kita pahami pengertian dari cloud itu sendiri. Awan merupakan kumpulan tetesan air atau es yang melayang di udara. Pertanyaannya, mengapa tetesan air tersebut menggantung di udara dan membentuk awan? Awan terbentuk di dalam uap, sedangkan udara berubah menjadi tetesan air atau es.

Siklus Hidrologi: Pengertian, Proses, Dan Pembahasan Lengkapnya!

Nah, uap ini bisa dilihat dari tiga hal, yaitu pemanasan cepat, hambatan fisik, dan masa lalu. Mari kita bahas satu per satu:

Ketika suhu cenderung meningkat, tekanan udara menurun. Air menguap dan kondensasi terjadi dengan cepat.

Ketika udara bertemu dengan benda-benda mirip gunung, uap di udara naik dan mendingin, kemudian membentuk awan.

Sebelum saya berbicara tentang berbagai jenis awan, saya ingin berbicara sedikit tentang Luke Howard. Tahukah Anda siapa Luke Howard? Luke Howard adalah seorang apoteker kelahiran London pada tanggal 28 November 1772. Nah, Luke Howard merupakan sosok yang berjasa besar di bidang meteorologi, khususnya awan. Meski karyanya berkaitan dengan kimia, namun sejak kecil ia mengagumi dan memandang awan di langit.

Hutan Adalah: Pengertian, Jenis, Ciri Ciri Dan Manfaat Hutan

Dari pengamatannya, Luke menyimpulkan bahwa banyak jenis awan, biasanya semuanya berasal dari tiga jenis lho. Struktur dasar ini disebut Cirrus yang berarti benang atau rambut, Cumulus yang berarti tumpukan, dan Stratus yang berarti lembaran atau lapisan.

Stratus berasal dari kata Yunani untuk lapisan. Mereka tersebar merata dalam kelompok, sehingga sulit membedakan langit dan awan.

Dalam bahasa Yunani, Cumulus berarti desa. Seperti namanya, awan kumulus berbentuk seperti tumpukan kapas. Gerakan-gerakan penting dapat dilakukan secara otomatis.

Terakhir, awan Cirrus. Masih berasal dari bahasa Yunani, Cirrus artinya benang atau rambut keriting. Disebut Cirrus karena terbuat dari batu-batu es yang dihancurkan oleh angin sehingga tampak seperti ikal halus dan mirip rambut.

Gambar Siklus Air Dan Penjelasannya: Tahapan Serta Urutan

Dari ketiga jenis awan yang disebutkan, terciptalah 10 jenis awan atau disebut genera. Misalnya awan jenis daun campuran yang merupakan gabungan antara awan kumulus dan stratus sehingga disebut dengan Stratocumulus.

See also  Cara Mengatasi Sakit Kepala Karena Asam Lambung

Pada tahun 1894, Komisi Meteorologi Internasional membagi jenis awan menjadi empat kelompok, yaitu awan rendah, awan sedang, awan tinggi, dan awan vertikal. Anda dapat melihat contohnya pada gambar berikutnya!

Berawan pada jarak kurang dari 2 km. Mereka dibagi menjadi Stratus, Nimbostratus, dan Stratocumulus.

Awan stratus tertutup lapisan kabut tipis. Mereka dapat ditemukan dimana-mana dan berbentuk pengumpulan air di dalam air liur. Stratus menunjukkan cuaca cerah, tetapi bisa turun hujan.

Mengenal Perubahan Iklim, Faktor, Dan Dampaknya

Dalam bahasa Yunani, ‘Nimbus’ berarti ‘membawa hujan’. Awan ini berwarna abu-abu dan tampak basah. Jika menjumpai awan Nimbostratus, ini pertanda akan turunnya hujan lebat atau salju dalam waktu yang lama.

Awan turun terakhir adalah Stratocumulus yang berisi tetesan air pekat. Hal ini menimbulkan garis-garis dan dapat menyebabkan hujan ringan atau terkadang salju.

Pada awalnya, awan ini tampak seperti pita. Komposisinya terdiri dari tetesan air dan es. Dengan demikian, Altostratus dapat menghasilkan aliran atau virga, yaitu hujan yang tidak jatuh ke tanah.

Awan Altocumulus berbentuk seperti bola kapas datar. Dapat menimbulkan hujan ringan meski frekuensinya sangat jarang. Komposisinya terdiri dari tetesan air dan es.

Iklim: Memahami Perbedaannya Dengan Cuaca, Macam Macam, Dan Unsur Pembentuknya

Cirrus adalah awan yang terbuat dari es batu yang tertiup angin. Oleh karena itu polanya cerah dan biasa kita lihat pada siang hari. Tapi jangan khawatir, awan ini tidak akan membawa hujan atau salju.

Seperti Cirrus, Cirrocumulus tidak menyebabkan hujan, namun dapat menghasilkan salju dalam kondisi tertentu. Mereka terdiri dari kristal es yang menyerupai urat melingkar yang terlihat seperti sisik ikan.

Oleh karena itu, Cirrostratus dihasilkan dari penyebaran dan penggabungan awan Cirrus. Tipis dan sangat halus, dan tidak ada hujan atau salju.

Itu adalah awan yang bisa naik, dan kemunculannya terus berlanjut. Awan vertikal bisa rendah, sedang dan tinggi.

Hujan Asam: Penyebab, Dampak Dan Solusi Pencegahannya

Awan vertikal berbentuk kubah atau dipotong seperti bunga. Awan cumulus terbentuk pada pagi hari dan menghilang menjelang malam tiba. Awan ini tidak membawa hujan.

Awan Cumolonimbus merupakan hasil terbentuknya awan kumulus. Awan ini berukuran besar, tinggi, dan dapat menampung listrik. Ini juga mengandung banyak tetesan air. Awan cumulonimbus menimbulkan petir dan hujan lebat disertai petir.

10 jenis awan tersebut adalah yang paling umum, namun sebenarnya ada banyak jenis awan yang dapat terbentuk karena berbagai alasan, seperti musim dan musim yang berbeda.

See also  Spaceman Demo Slot

Tentu kita tahu bahwa awan digerakkan oleh angin. Tapi, percayakah Anda jika saya mengatakan bahwa awan benar-benar turun? Lebih tepatnya bisa disebut kemunduran, hehe.

Pengertian Dan Jenis Jenis Hujan Meteor, Apa Saja?

Seperti hal lainnya, awan juga dipengaruhi oleh hukum gravitasi. Oleh karena itu, awan tidak sekadar melayang di udara, melainkan tenggelam secara perlahan.

Awan juga bisa terangkat ke langit karena panasnya matahari. Singkatnya, matahari memanaskan bumi dan mengeluarkan gas panas yang akhirnya mendorong awan kembali ke atas.

Nah, sebelum Anda menyelesaikan pembahasannya, tahukah Anda bahwa belum ada awan baru yang ditemukan? Namanya Asperitas Cloud! Sebelumnya, awan terakhir yang diketahui bernama Cirrus Intortus pada tahun 1951. Nah, baru pada tahun 2009 ditemukan lagi awan baru yaitu awan Asperitas. Bentuknya bulat dan berwarna hitam.

Ternyata, jenis awan itu bermacam-macam. Jika Anda belum memahaminya atau ingin mempelajari topik persiapan PTS, PAS dan UTBK, yuk coba kelas gratis di cabang Akademi Mental terdekat di kota Anda. Guru-gurunya sangat sabar, kantornya akurat, dan mereka pasti langsung paham! Apalagi bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di negara tropis dengan dua musim, kemarau dan hujan. Dalam konteks ini, mari kita pahami aliran hujan dari awal hingga akhir di sini!

Jenis Awan Berdasarkan Ketinggian Dan Keuntungannya Bagi Manusia

Sebelum Anda dapat memahami musim hujan secara keseluruhan, penting untuk mengetahui definisinya. Siklus air merupakan proses berulang yang menyebabkan berkurangnya air tanah dan menyebabkan terjadinya curah hujan. Siklus ini juga secara ilmiah dikenal sebagai siklus air.

Siklus yang berulang menyebabkan datangnya hujan. Secara definisi, siklus ini terdiri dari jalur air naik dari permukaan tanah, naik ke atmosfer, dan kembali ke tanah. Siklus ini menyebabkan air berputar berkali-kali di alam.

Seperti disebutkan di atas, hujan dimulai dari uap, uap, hingga jatuh ke tanah. Di bawah ini penjelasan rinci mengenai pergerakan hujan.

Siklus presipitasi diawali dengan proses evaporasi. Siklus ini dimulai di lautan, danau, sungai, dan sumber air lainnya di Bumi dan kemudian menguap akibat panasnya matahari. Penguapan akan mengubah air menjadi gas sehingga menyebabkannya naik ke atmosfer. Pergerakan molekul air dalam gas menyebabkan air menguap.

Atmosfer: Pengertian, Urutan Lapisan, Dan Manfaatnya

Setelah melalui siklus steam, siklus selanjutnya adalah steam. Sirkulasi yang mengubah uap air menjadi partikel es. Partikel es tersebut membentuk partikel kecil dan kemudian berubah menjadi awan. Air yang terkumpul ini akan menjadi awan yang membawa hujan. Siklus ini berbeda dengan uap.

See also  Cara Merawat Rambut Lepek Dan Berminyak

Selama ini hujan menjadi kelanjutan dari uap air. Hal ini dilakukan dengan mendinginkan dan menambahkan uap air. Air yang membentuk awan dengan cara ini akan menjadi ujung pot. Oleh karena itu, air yang tidak dapat ditangkap oleh awan akan jatuh menjadi hujan. Semakin banyak air di awan, semakin banyak pula air hujan yang jatuh ke bumi.

Pengaruh air hujan yang jatuh dari langit atau langit dalam jumlah banyak kemudian mengalir dari atas ke bawah melalui berbagai saluran seperti saluran, kanal, sungai atau danau akan menimbulkan suatu siklus.

Proses infiltrasi ini merupakan satu-satunya proses yang terjadi ketika air masuk ke dalam tanah. Sirkulasi ini juga berperan penting dalam pendistribusian air hujan yang turun dan dapat menimbulkan banjir, banjir, erosi tanah, akses air untuk tanaman serta irigasi dan air tanah. Infiltrasi sangat dipengaruhi oleh berbagai jenis tanah dan vegetasi.

Proses Terjadinya Hujan

Setelah waktu yang singkat, air mengalir dari danau, sungai, lautan, dan badan air lainnya di Bumi. Uap air kemudian mengembun menjadi awan dan hujan turun ke tanah.

Berbeda dengan siklus air jangka pendek, siklus air rata-rata tidak terjadi di lautan melainkan di daratan. Mengalami proses yang sama mulai dari penguapan hingga kondensasi dan pengendapan terjadi dengan adanya tarikan atau perpindahan awan ke daerah lain karena bantuan angin.

Pada siklus ketiga ini usahanya sama dengan air pendek dan air sedang. Bedanya, siklus ini merupakan proses yang panjang. Dari steam ke steam prosesnya sama. Namun hujan yang turun bukanlah air melainkan salju.

Pembekuan menyebabkan air hujan berpindah ke daerah yang lebih dingin hingga cuaca berubah setelah matahari terbit. Salju atau es tersebut akan mencair dan berpindah ke permukaan bumi, mencapai lautan dan kemudian siklus tersebut berulang. Dalam siklus air jangka panjang juga akan terjadi proses reduksi, yaitu proses perubahan wujud padat

Agk Jenis Hujan

Jenis jenis pashmina beserta gambarnya, jenis jenis bunga beserta gambarnya, jenis kain beserta gambarnya, jenis jenis obeng beserta gambarnya, jenis jenis terong beserta gambarnya, jenis jenis forklift beserta gambarnya, jenis alocasia beserta gambarnya, jenis jenis resistor beserta gambarnya, jenis kulit wajah beserta gambarnya, macam macam hujan beserta gambarnya, jenis jenis fotografi beserta gambarnya, jenis jenis jerawat beserta gambarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *